PAPI (precision approach path indicator)
Biasanya berada pada sebelah kiri
runway saat kita dalam posisi approach (mendekat untuk landing), ada
beberapa bandara yang menempatkan papi light di sebelah kanan dengan alasan agar
dapat memberikan panduan yang lebih baik dan banyak faktor lainnya, seperti
aircraft with STOL (short take-off and landing) biasanya letak papi light di
sebelah kanan dan beroperasi saat STOL approach saja, dan adajuga yang memasang di kedua sisi runway.
Memberikan panduan approach dengan menggunakan sinyal lampu
merah dan putih yang biasanya terdiri dari satu baru dengan 4 unit lampu. Dan sinyal
dari papi light ini tidak boleh digunakan diluar 15° dari runway centerline. sinyal PAPI light ini bisa sampai 5 miles during the day dan 20 miles lebih saat malam
APAPI ini sama seperti PAPI light, hanya saja lampu indicatornya cuma ada dua
VASI (visual approach slope indicator)
VASI juga merupakan guidance kita saat approach. pancaarn cahaya 3 - 5 miles during the day
dan 20 miles lebih saat malam. patokan glide slope nya adalah 3°, dan VASI light akan menunukkan warna merah dan putih
RED - RED you're dead (approachnya LOW)
RED - WHITE you're right (ON SLOPE)
WHITE - WHITE you're fly all night (HIGH)
Banyak sekali variasi VASI light ini, mulai dari 2, 4, 6, 12, 16 unit lampu yang diatur atas near, middle, far (baris 1, 2, dan 3)
2 bar 4 unit
3 bar 6 unit
Variasi lainnya
PVASI (pulsating visual approach slope indicator)
Biasanya terdiri dari satu unit lampu saja dengan warna yaitu merah dan putih, tapi dibedakan menjadi 4 indicator yaitu
PULSATING RED = TOO LOW
STEADY RED = LOW
PULSATING WHITE = TOO HIGH
STEADY WHITE = ON SLOPE
SEMOGA BERMANFAAT :D
APA KA VASI DAN PAPI perbedan atu persaman
BalasHapus